Selasa, 27 Juni 2023

Nabi Muhammad SAW Ajarkan Sholat 'Ied di Lapangan, Ternyata ini Alasannya!!




Para pembaca pdpmmuba.com yang dirahmati Allah.
 
Sholat 'ied adalah sholat 2 hari raya umat Islam, ya'ni hari raya Idul Fitri & hari raya Idul Adha. 

Hukum melaksanan sholat ied sendiri adalah sunnah muakkadah. Dan pelaksaannya di sunnahkan di lapangan, ini sesuai hadist Nabi Muhammad SAW: 

Dalil Salat 'Ied di Lapangan :

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ. رواه البخاري

Dari abu Saʻid al-Khudri r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw keluar ke lapangan tempat salat (mushala) pada hari Idulfitri dan Iduladha, lalu hal pertama yang dilakukannya adalah salat, kemudian ia berangkat dan berdiri menghadap jamaah, sementara jamaah tetap duduk pada saf masing-masing, lalu Rasulullah menyampaikan wejangan, pesan, dan beberapa perintah … [HR al-Bukhari].

Dari hadist di atas jelas bahwasanya sholat 'ied Sunnahnya dikerjakan di lapangan. 

Menurut beberapa ulama, alasan mengapa pelaksanaan sholat 'ied dikerjakan di lapangan adalah sebagai berikut :

1. Sebagai syiar Islam. 

2. Agar para wanita haid dapat hadir dalam sholat 'ied, dengan tidak mengotori masjid dengan darah haidnya.

Berikut hadist yang memerintahkan agar para wanita haid juga ikut hadir dalam pelaksanaan sholat ied. 

Dari Ummu Athiyyah Nusaibah Al-Anshariah radhiyallahu ‘anha berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami pada hari raya untuk menyuruh gadis remaja keluar, dan wanita yang dipingit dalam rumah. Beliau memerintahkan bagi wanita haidh agar menjauh dari tempat shalat kaum muslimin.”

Dalam lafazh lain, “Kami diperintahkan supaya menyuruh keluar para wanita yang dipingit dalam rumah untuk keluar pada hari raya, bahkan wanita yang sedang haidh. Mereka mengucapkan takbir mengikuti takbirnya kaum laki-laki, dan berdoa mengikuti doanya kaum laki-laki dengan mengharap berkah dan kesucian hari raya tersebut.” (HR. Bukhari, no. 971 dan Muslim, no. 890).


Berikut informasi tambahan tentang bolehnya wanita haid hadir pada sholat ied : 

Silahkan klik >> Apakah Wanita Haid Diperbolehkan Datang ke Tempat Shalat Idul Fitri? Ini Penjelasan MUI ,